Tuesday, February 26, 2013

Tips Hari Ini: Trik Merebus Telur Tanpa Kulitnya

 http://klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/02/cara-merebus-telur-tanpa-kulitnya.jpg
Photo From : Here

Apakah anda pernah melihat atau mencicipi telur rebus yang dimasak tanpa kulitnya? putihnya matang sempurna dan lembut seperti telur rebus biasanya. Namun, kuningnya tidak pecah dan terlalu matang, tapi legit setengah matang dan sangat cocok dijadikan sarapan atau teman nasi goreng. Ternyata, memasak telur seperti itu butuh teknik juga looohhh. Di dunia kuliner, telur yang direbus tanpa kulitnya biasa disebut dengan nama poached egg. Kalau dibayangkan memang mudah, tetapi saat mempraktekkannya, Anda harus punya trik khusus agar hasilnya sempurna.

Dikutip dari AntaraNews, seorang juru masak andalan resto Sunny Side Up, Dwi Rahmat memberikan bocoran trik membuat poached egg ini. "Untuk membuat poached egg yang sempurna, telur direbus tanpa kulit pada cairan yang mengandung cuka dan garam," jelas Dwi. Di situlah kunci agar putih telur tetap utuh dan tidak bercampur atau pecah di dalam air.

Langkah-langkah pembuatan poached eggs:
  1. Siapkan telur yang akan direbus, cuci bersih.
  2. Didihkan air, tambahkan sedikit garam dan cuka.
  3. Pecahkanlah ujung telur secara perlahan, dan buka sedikit saja agar memiliki celah (seperti saat Anda ingin memisahkan putih dari kuningnya)
  4. Tempelkanlah telur pada bibir mangkok saat akan memasukkan telur ke dalam panci.
  5. Apinya kecil saja agar bagian kuningnya bisa setengah matang.
  6. Saat telur mengambang, angkat lalu tiriskan.
Poached egg yang sempurna adalah ketika putih telur matang tapi kuningnya masih setengah matang. Apabila kuningnya masih mentah, maka api yang digunakan terlalu besar.

Waktu memasak:

a. Untuk telur yang disimpan di suhu ruang
  • Dengan api kecil, berkisar antara 2 menit 30 detik hingga 2 menit 40 detik saja.
b. Untuk telur yang disimpan di dalam lemari es
  • Biasanya sekitar 3 menit. Semakin besar telurnya, maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama.
Poached egg yang sempurna
  1. Sebaiknya siapkan air es di dalam mangkuk.
  2. Seketika setelah si telur diangkat dari panci, ditiriskan sejenak dari air panas, masukkan telur ke dalam mangkuk yang berisi air es tersebut. Maka telur akan lebih padat dan kenyal, serta terjaga bentuknya.

No comments:

Post a Comment