Friday, June 28, 2013

Tips Hari Ini : Mau Bikin Roti Bakar Enak? Pangganglah Tepat 216 Detik!

http://images.detik.com/content/2013/06/29/297/toast2.jpg
Source: Here

Detik-Seperti apa ya roti bakar yang enak? Menurut seorang ahli roti, roti bakar yang enak, perlu dipanggang tepat 216 detik. Ini bukan asal sebut. Karena sebelumnya sang ahli roti telah melakukan percobaan memanggang 2000 lembar roti!

Seorang ahli roti bernama Dr. Dom Lane menghabiskan waktu satu minggu untuk menemukan waktu pemanggangan yang pas. Setelah memanggang 2000 lembar roti, iapun akhirnya berhenti pada kesimpulan jika roti bakar paling enak jika dipanggang tepat 216 detik.

Lama pemanggangan tersebut mempengaruhi tekstur dan warna dari roti bakar. Seperti diulas dalam Mail Online, roti yang dibakar selama 216 detik akan menghasilkan warna cokleat keemasan dan tekstur renyah di bagian luar namun tetap lembut di bagian dalamnya.

Lane juga menemukan jika roti bakar paling pas jika diberi olesan mentega dengan ketebalan 14 mm. Dalam penelitiannya, Lane menggunakan alat pemanggang roti 900 watt dengan suhu 154 derajat Celcius. Iapun disponsori oleh sebuah merk roti asal Inggris.

Menurut Lane, roti yang paling pas digunakan adalah roti dengan warna agak pucat, bertekstur agak kasar, dan baru diambil dari kulkas dengan suhu 3 derajat Celcius. Kedua sisi roti haruslah matang secara bersamaan, dan lebih baik dipanggang menggunakan toaster agar tak kehilangan kelembaban.

"Kualitas mentega juga penting,jika terlalu banyak mentega, rotinya akan kehilangan teksturnya," kata Lane. Iapun merekomendasikan roti tawar dibelah tengah atau berbentuk segitiga saat disajikan, agar teksturnya terasa maksimal saat dinikmati. Tertarik mengikuti saran dari ahli roti ini?

No comments:

Post a Comment